Rabu, 27 Oktober 2010

Prosa Pada Masa Jahiliyah

Prosa atau Natsr adalah kata-kata yang tidak berwazan dan tidak berqofiyah. Natsr dalam bahasa Arab dibagi menjadi 2 yaitu natsr yang bersajak dan natsr mursal. Natsr yang bersajak terikat dengan qafiyah sedangkan natsr mursal tidak terikat dengan qafiyah.
Ada bebrapa macam karya prosa pada zaman jahiliyah diantaranya adalah
  1. Khutbah (pidato), adalah ungkapan atau wacana yang ditujukan untuk orang banyak dan khlayak ramai dalam rangka menjelaskan suatu perkara penting yangdipergunakan untuk mempengaruhi, memotivasi, mempertahankan pendapat sendiri atau reaksi terhadap pendapat yang lain dan mempetahankan mazhabnya.
  2. Wasiat, adalah nasihat seseorang yang akan meninggal dunia atau akan berpisah kepada seseorang yang dicintainya dalam rangka permohonan untuk mengerjakan sesuatu.
  3. Amtsal, adalah ungkapan atau kalimat-kalimat ringkas yang lahir dari suatu kejadian kemudian menjadi terkenal dan menjadi pembicaraan orang banyak, hingga menjadi perumpamaan atau kata-kata tiruan yang bertujuan untuk perbandingan, nasihat, prinsip hidup atau aturan tingkah laku.
  4. Hikmah, adalah ungkapan ringkas dan indah yang mengandung kebenaran yang dapat diterima dan berisi petunjuk moral. Hikmah biasanya lahir dari orang-orang yang punyabanyak pengalaman, ilmu tinggi dan pengetahuan yang luas.
  5. Qasas (kisah-kisah Jahiliyah), menceritakan hal-hal yang ajaib tentang nenek moyangnya, kejadian yang luar biasa atau yang aneh, kisah-kisah peperangan dan sebagainya.
  6. Saj'u al-Kuhhan, mantra-mantra dukun.
Sumber:
H.Wildana Wargadinata, Lc., M.Ag dan Laily Fitriani, M. Pd, Sastra Arab dan Lintas Budaya, Malang: UIN-Malang Press, 2008, Hlm:163-210

0 komentar:

Posting Komentar

 

Site Info



Free Page Rank Tool

Komen Terbaru

Diberdayakan oleh Blogger.