Sabtu, 13 Juni 2009

sekolah SD

ngomong-ngomong tentang sekolah SD, pasti yang terbayang adalah masih bocah, sedang lucu-lucunya, malu-malu, dianter jemput ama bokap atau nyokap. Pokoknya banyak hal baru yang dialami. Sebuah fase dimana kita berinteraksi dengan teman kita, dengan guru dan lain-lain. Walaupun ada yang dari taman kanak-kanak sudah mulai melakukan hal tersebut.

Gw termasuk orang yang masuk SD tanpa melalui jenjang Taman Kanak-kanak. Gw juga orang yang ketika gw masih kecil, tidak mau sekolah. Hal yang sangat gw hindari. Mengapa sih gw ga mau sekolah pada waktu itu? Alasannya sih lucu banget. Gw ga mau sekolah karena gw ga mau disuruh nyanyi. Gw paling takut kalo disuruh nyanyi di depan kelas. Itu yang terlintas di kepala gw pada waktu itu. Tapi karena dorongan dari orang tua gw akhirnya gw masuk SD juga. Karena memang seumuran gw udah harus sudah sekolah. Asal kalian tau aja, gw sekolah SD ketika gw udah berusia 7 tahun. Lumayan tua juga. Temen-temen gw waktu itu cuma sedikit yang berumur 7 tahun, malahan ada yang baru 5 tahun. Waktu itu sih ga ada yang namanya pembatasan umur. Yang umur 5 tahun sih ada syaratnya sedikit, cuma udah bisa baca dan nulis. Kebayakan sih yang lulusan dari TK. Kalo gw.. Belom bisa baca tulis. Masih buta huruf. Tapi ga masalah.

Gw sekolah SD di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 8 Jakarta. Orang biasanya menyebut MIN 8. Ada juga yang nyebut MIN Phe, terpengaruh dengan permainan qyu-qyu kali ye... Seperti yang udah gw bilang, gw masuk SD pas usia 7 tahun. Sekolah gw terletak di jalan Moch Kafi 2 Srengseng Sawah. Atau lebih dikenal dengan sebutan Gang Asem. Sekolah gw cukup luas, lantai 2 tapi belom ada AC. Luasnya gw kaga tau, tapi luas. Sampe ada empang segala di pinggir sekolah. Sekolah gw dulu deket rawa-rawa. Jadi kalo hujan pasti banjir walaupun ga pernah masuk kelas. karena sudah dibikin sedemikian rupa sehingga ga pernah banjir masuk sampe ke kelas, walaupun banjirnya sampe 1 1/2 meter.

Sekolah MIN 8 gw waktu itu belom cukup terkenal tidak seperti sekarang, orang tua murid berbondong-bondong datang untuk mendaftarkan anaknya untuk bisa masuk MIN 8. Untuk angkatan gw, yang masuk sekitar 45-48 murid, gw lupa pastinya. Dilihat dari jumlahnya sih cukup banyak, tapi kalo dilihat pada waktu itu hanya angkatan gw yang cuma dibikin 1 kelas. Ankatan diatas gw 2 kelas, dan angkatan dibawah gw 2 kelas. Waktu itu juga masih banyak hal-hal yang menggelitik. Misalnya nama asli gw kan Jainudin tapi ditulis Zainudin, terus absen juga belom alfabetis, nama gw yang ditulis pake huruf Z berada di urutan absen belasan. Walaupun namaya madrasah tapi seperti SD pada umumnya aja masalah seragam. cuma bedanya gw pake celana warna hijau. Dulu anak perempuannya masih pake rok pendek, kaga pake jilbab seperti layaknya madrasah pada umunnya. Tapi itu dulu. Dulu banget. Zaman gw masih sekolah SD. Sekarang, gw bangga banget ama MIN 8. Ga disangka-sangka bisa maju pesat kayak sekarang. Seragamnya keren, banyak macemnya lagi. Ekskulnya juga udah banyak. Dulu mag cuma ada pramuka doang. Tapi sekarang setalah gw liat kalo pas balik dari kuliah, udah ada futsal. Ada gawangnya juga lagi. Kaga kayak gw, maen bola aja dilarang. Soalnya kaca-kaca kelas banyak yang pecah gara-gara bola. Yah namanya juga bocah yang hobinya maen, udah dilarang tetep aja masih maen juga.

Mungkin segini aja yang bisa gw kasih tau. Ntar gw nulis lagi..!

2 komentar:

  1. boy, klo jaman lo kecil dulu dah ada band ST12 lo mau sekolah & nyanyi di kelas gak? :12

    BalasHapus
  2. iya dong, sayang ST12 belom ada. :13

    BalasHapus

 

Site Info



Free Page Rank Tool

Komen Terbaru

Diberdayakan oleh Blogger.