Kamis, 07 Mei 2009

Dunia Sophie : Rangkuman (1)

Sesuai postingan saya sebelumnya, saya akan menulis rangkuman Dunia Sophie. Pertama saya mau bercerita terlebih dahulu, kalau saya merangkum novel tersebut karena tugas mata kuliah dasar-dasar filsafat. Mungkin kalau tidak ada tugas merangkum, saya tidak akan tahu isi dari novel tersebut.
Novel ini cukup bagus bagi seorang yang baru memulai mempelajari filsafat. Dalam novel dijelaskan filsafat dari awal sampai filsafat modern. Oke, segitu saja sebagai pembuka. Mari membaca rangkumannya. Kalau saya sih membaca dan menulis. Apasih!!


Judul : Dunia Sophie
pengarang: Jostein Gaarder



Sophie Armundsend adalah seorang pelajar sekolah menengah berusia 14 tahun. Suatu hari sepulang sekolah, dia mendapatkan surat misterius yang hanya berisikan satu pertanyaan. "siapakah kamu?" Surat tersebut membuat Sophie berpikir mengenai hidup, Dia menyadari dia tidak akan hidup selamanya dan pasti akan pergi. Semakin dia memikirkan kehidupan, hal mengenai kematian hinggap dibenaknya. Dia berpikir kita tidak dapat merasakan hidup tanpa menyadari bahwa kita nantinya harus mati, namun sama mustahilnyabagi kita untuk menyadari bahwa kita harus mati tanpa memikirkan betapa menakjubkannya hidup itu.
Lalu dia mendapatkan surat ke-2 yang berisikan pertanyaan: "darimana datangnya dunia?". Sophie pusing tujuh keliling memikirkan jawaban tersebut dan pergi ke tempat persembunyiannya yaitu di sebuah taman yang kosong dan sepi. Untuk ke-3 kalinya dia mendapatkan surat. Surat tersebut untuk Hilde Moller Knag tetapi dialamatkan ke rumah Sophie. Surat tersebut berisi ucapan selamat ulang tahun untuk Hilde yang ke-15. Surat-surat tersebut membuat Sophie berpikir kalau ke-3 surat tersebut memiliki keterkaitan.
Sophie terus kepikiran dengan surat-surat tersebut hingga dia tidak fokus belajar di sekolah. Ketika sampai dirumah, dia mendapatkan amplop besar tertulis "pelajaran Filsafat, Hati-hati" lalu Sophie berlari ke sarangnya dan mulai membaca surat yang terdiri dari 3 halaman tersebut.


Apakah Filsafat Itu?
Setiap orang mempunya kebutuhan-kebutuhan yang berbeda. Jika kebutuhan-kebutuhan tersebut sudah terpuaskan apakah masih ada yang dibutuhkan semua orang? Filsuf menjawab ada. Yang dibutuhkan setiap orang yaitu mengetahui siapakah kita dan mengapa kita ada disini.
Cara terbaik mendekati filsafat adalah dengan mengajukan pertanyaan filosofis. Bagaimana dunia diciptakan? adakah kehendak atau makna dibalik apa yang terjadi? adakah kehidupan setelah kematian? Bagaimana seharusnya kita hidup?
Setiap individu harus menemukan jawabannya sendiri untuk pertanyan-pertanyaan yang sama. Kamu tidak tahu apakah ada Tuhan atau apakah ada kehidupan setelah kematiandengan mencarinya di buku ensiklopedi. Buku ensiklopedi juga tidak akan memberitahu kita bagaimana sebaiknya hidup. Namun membaca apa yang telah diyakini orang lain dapat membantu kita untuk merumuskan sudut pandang kehidupan kita sendiri.


Sophie benar-benar kecapaian mebaca surat tersebut. Dia balik ke rumah mengeluarkan isi kaleng kue besar yang berisi batu-batu indah dan meletakkan kedua amplop besar itu ke dalam kaleng. lalu bergegas ke taman lagi dan mebuka amplop ke-2


oke segitu dulu yah nanti saya teruskan ringkasannya. Sebenarnya bagus ga sih menulis rangkuman tugas kuliah ke blog pribadi?? kalau tidak bagus tidak akan saya teruskan ringkasannya..
sampai nanti..


update: Rangkuman 2

0 komentar:

Posting Komentar

 

Site Info



Free Page Rank Tool

Komen Terbaru

Diberdayakan oleh Blogger.