Kamis, 11 November 2010

Kamus Baru Lapangan Hijau

Sepak bola sering melahirkan kreativitas termasuk dalam perbendaharaan kata. Sejumlah istilah baru kini bermunculan sebagai reaksi atas peristiwa di lapangan . Saat ini, setidaknya ada 10 kata slang yang muncul dan mulai beken di dunia sepak bola. Berikut ini adalah uraian satu per satu.
1. PREMFACE
Istilah ini diberikan untuk pencinta Premier League yang tidak tahu apa pun tentang sepak bola di luar wilayah Britania Raya. Mereka yang dijuluki premface sering mengulang-ulang steretipe macam “sepak bola Italia itu korup karena skandal catenaccio”, “sepak bola Jerman terlalu efisien dan membosankan”, atau “pemain Argentina semuanya culas karena suka diving.”
Setiap Piala Dunia digelar, para premface selalu menjagokan The Three Lions untuk juara dan memandang remeh tim-tim lain. Demikian juga di Piala Dunia 2010, sebelum turnamen digelar, mereka sangat yakin Inggris bakal juara. Apa lacur, tim pujaan mereka dibantai Jerman 1-4. Namun mereka tetap tak peduli dan mnyebut Premier League sebagai liga terbaik dunia.

2. PELE PREDICTION atau PELE’D
Prediksi ngawur yang tak pernah terealisasi kebenarannya. Istilah Pele Prediction atau Pele’d mulai popular setelah legenda sepak bola Brasil tersebut mengeluarkan prediksi tapi salah. Mantan pelatih timnas Brasil Felipe Scolari sampai menggeluarkan pernyataan terkenal, “Pele tidak tahu apa pun tentang sepak bola. Analisisnya selalu salah. Jika anda ingin memenangkan trofi, sebaiknya minta saran kepada Pele dan lakukan hal kebalikan dari sarannya.”

3. YUGOSLAVIA TACTICS
Metode cerdas mengulur-ulur waktu pertandingan dengan berlama-lama kesakitan ketika dilanggar lawan. Tekniksering dipakai oleh timnas Yugoslavia zaman dulu. Sekarang metode tersebut menular ke seluruh penjuru dunia. Banyak kejadian di sepak bola modern saat ini, sebuah tim sengaja mengulur waktu ketika sudah unggul, meskipun hanya unggul tipis 1-0. Tidak jarang taktik ini kerap membuat emosi tim lawan meledak.

4. VAN JONG’D
Aksi kasar midfielder Belanda, Nigel De Jong di Piala Dunia 2010 yang menendang dada Xabi Alonso tapi tidak mendapat hukuman kartu ternyata melahirkan istilah baru. Istilah tersebut adalah Van Jong’d. Sebuah sebutan yang disematkan kepada pemain yang berperilaku kasar di lapangan dan lolos dari hukuman wasit.

5. LOTIGHTO
Ada sebuah julukan baru bagi presiden, chairman, atau manajer klub yang melakukan penghematan keuangan gila-gilaan meskipun timnya “sekarat” butuh suntikan pemain hebat baru. Julukan ini adalah Lotighto.Dari namanya saja sudah ketahuan asal-muasal julukan tersebut. Ya, sebutan itu terispirasi dari presiden Lazio, Claudio Lotito. Pria yang memimpin Lazio sejak 2004 ini terkenal tidak mau membeli pemainmahal di bursa transfer dan lebih memilih opsi meminjam pemain.

6. BRAZILIAN 28 ATAU NIGERIAN 21
Ada sejumlah pemain yang suka mengaku berumur lebih muda dari umur aslinya. Karena itulah muncul sebutan Brazilian 28. Istilah ini pertama kali muncul untuk “mengejek” midfielder Brasil yang pernah memperkuat Roma, Juventus,dan Milan, Emerson. Beberapa tahun lalu, kepada media Emerson mengaku berumur 28 tahun. Akan tetapi, wajah dan kemampuan larinya lebih mirip kakek 70 tahunan.
Istilah sejenis adalah Nigerian 21. Mulai muncul pada 2006 saat Obafemi Martins mengaku berumur 21 tahun. Padahal faktanya, ada banyak saksi di kota kelahirannya, Lagos (Nigeria) yang menyebut Martis lahir pada 1978.

7. BUNDESKOPS
Bundeskops adalah sebutanyang disematkan kepada fans sepak bola Jerman yang berkeras bahwa liga merka lebih baik disbanding Serie-A Italia. Mereka dengan fanatic menyebut bahwa klub Jerman lebih superior disbanding klub Italia dibanding klub Italia di Liga Champions.

8. Pirates
Klub-klub raksasa Inggris seperti Arsenal, Manchester United dan Chelsea mendapat kritik tajam atas kegemarannya membajak pemain muda dari klub aslinya. Mereka kemudian dijuluki Pirates (bajak laut). Orang pertama yang melontarkan istilah tersebut adalah Maurizio Zamparini. Gael Kakuta, Fabrizio Zamblera, Cesc Fabregas, Davide Petrucci, Jeffrey Brauma, Arturo Lupoli, Gerard Pique, dan Federico Macheda adalah pemain-pemain muda yang dibajak oleh para pirates.

9. BUTRAGUEZO
Pemain yang bergabung ke klub tertentu karena iming-iming uang. Terutama untuk setiap pebola yang bergabung ke Real Madrid. Julukan yang diberikan untuk mereka adalah Butraguezo. Istilah tersebut muncul karena terinspirasi oleh legenda 1980an, Emilio Butragueno yang bergabung ke Madrid karena uang.

10. JABULANI’D
Istilah lain untuk menggambarkan ketidakmampuan seorang kiper mengantisipasi sebuah serangan karena susah ditebaknya arah bola yang terbuat dari karet plastik. Istilah ini juga digunakan untuk menggambarkan usaha mengubah permainan indah ke gaya kick and rush dengan teknologi bola baru.

Sumber:
Dipublikasikan oleh yoyok di Tabloid Soccer pada tanggal 6 November 2010.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Site Info



Free Page Rank Tool

Komen Terbaru

Diberdayakan oleh Blogger.