Sabtu, 11 Desember 2010

Kekerabatan Cina Peranakan

Sebelumnya saya menulis tentang kekerabatan Arab-Betawi, sekarang saya akan menulis tentang kekerabatan Cina Peranakan

Kumpi atau uyut laki-laki dipanggil Kongcu sedangkan yang perempuan dipanggil Mak Poco. Kakek dipanggil Engkong sedangkan nenek dipanggil Mak. Bapak adalahPapah dan Ibu adalah Mamah atau Memeh. Paman dari pihak ayah adalah Encek dan bibi yang merupakan pihak ayah adalah Encim. Paman dari pihak Ibu adalah Engku sedangkan bibi yang merupakan saudaranya ibu dipanggil I’ie.


Cihu adalah panggilan untuk laki-laki yang menjadi suami kakak yang perempuan. Muehu panggilan untuk perempuan yang menjadi isteri kakak laki-laki yang dalam istilah kekerabatan Betawi dinamakan ‘Mbok’. Ensoh adalah panggilan untuk saudara (muda) ipar laki-laki maupun perempuan.

Kakak kandung perempuan disebut Enci sedangkan kakak kandung laki-laki disebut Engkoh atau kokoh.
Kata ganti diri orang pertama tunggal adalah gua yang dapat dipergunakan ketika berbicara dengan lawan bicara siapapun jua. Kata ganti diri orang pertama jamak adalah kita orang. Lu adalah kata ganti diri orang kedua tunggal yang dapat dipakai untuk siapapun jua. Kata ganti diri orang kedua jamak adalah lu orang.
Panggilan kekerabatan Cina peranakan yang diadopsi orang Betawi adalah Engkong, Mak, status Muehu menjadi Mbok.

Ditulis Oleh : Jainudin Al Batawy // 12/11/2010 08:03:00 PM
Kategori:

1 komentar:

  1. JUAL RAK MINIMARKET DAN RAK GUDANG
    Anda butuh tempat untuk menyimpan barang usaha ? Duta Rak Minimarket Tangerang menyediakan berbagai rak untuk menyimpan dan memasarkan produk anda, seperti rak supermarket, rak minimarket, rak toko, rak gondola, rak gudang, rak pallet, rak besi, rak siku, Heavy Duty Rack, Medium Duty Rack, Light Duty Rack dengan berbagai ukuran, siap kirim ke seluruh kota di Indonesia
    Info lebih lanjut Hub. Office / Showroom : Jl. Raya Serang KM 24 Balaraja Barat Kab. Tangerang Telp / Wa : 081213-3040-75 PIN D3654772
    web : http://www.rakmarketgudang.top/ blog : http://jualrakshelving.blogspot.co.id/

    BalasHapus

 

Site Info



Free Page Rank Tool

Komen Terbaru

Diberdayakan oleh Blogger.