Minggu, 28 November 2010

Upacara Sunatan ala Betawi

Sebuah pertanyaan kecil sebelum membaca postingan. Apakah pembaca sudah disunat? Hehe just kidding. Postingan saya kali ini berkaitan adat khitanan Betawi.

Anak-anak Betawi biasanya minta disunat ketika mereka menginjak usia antara sembilan atau sepuluh tahun. Mereka merasa malu jika sudah besar belum disunat. Kalo saya sih pas umur 10 tahun kalo kalian gimana?
Sebelum disunat, penganten sunat biasanya diarak keliling kampung. Penganten naik delman atau naik kuda. Dibelakang delman atau kuda biasanya keluarga penganten sunat. Teman-teman sepermainannya ikut mengarak penganten sunat. Arak-arakan ini dimaksudkan memberikan kesenangan dan kegembiraan kepada penganten sunat agar tidak takut untuk disunat.


Penganten sunat juga mempunyai setelan tersendiri, didandani layaknya seorang penganten yang mau menikah. Perlengkapan penganten sunat sebagai berikut:
1. Jubah atau jube , yaitu pakaian luar yang longgar, besar, dan terbuka pada bagian tenga depan dari leher sampai ke bawah. Panjang jubah ini kira-kira 3 jari dari pakaian dalamnya.
2. Gamis , yaitu pakaian dalam berwarna muda, kalem dan lembut, yang tidak kontras dengan warna jubahnya. Gamis ini tidak dihias atau bermotif, jadi polos saja.
3. Selempang . Dikenakan sebagai tanda kebesaran. Selempang ini dipakai dibagian dalam jubah. Ia diselempangkan pada pundak kiri menuju pinggang kanan. Lebarnya kira-kira 15 cm.
4. Alpie , yaitu tutup kepala khas sorban haji yang tingginya disesuaikan dengan yang memakainya, dililit sorban putih atau emas. Hiasan alpie adalah melati tiga untai/ronce, yang bagian atasnya diselipkan bunga mawar merah dan ujungnya ditutup dengen bunga cempaka.
5. Alas kaki , berupa sepatu tutup atau banyak juga yang menggunakan trompah berhiaskan mote.

Lalu setelah diarak penganten sunat diapain?? Langsung disunat?? Sejauh pengetahuan saya, penganten sunat tidak langsung disunat setelah diarak. Penganten akan disunat dihari berikutnya. Sebelum disunat, biasanya penganten dilarang lari-larian atau lompat-lompatan agar ketika disunat tidak banyak mengeluarkan darah.
Pelaksanaan sunatan bisa dilakukan oleh dukun sunat, bengkong, matri atau dokter. Pada masa sekarang, dukun sunat atau bengkong sudah jarang ditemukan. Saya aja di dokter (hehe). Pelaksanaan sunatan sekarang sudah menggunakan peralatan dan teknologi canggih yang dilakukan oleh dokter. Peralatan serba modern dan steril. Pisau, gunting atau laser adalah alat yang biasa digunakan dokter untuk sunatan. Yang baca ini pasti pake kampak ya? Ngaku?? (just kidding).
 
Selesai disunat, penganten sunat mengenakan baju koko berwarna putih, sarung dan peci. Dalam beberapa hari saja, anak yang disunat sudah dapat mengenakan celana dan dapat bermain kembali bersama temannya. Penganten sunat duduk disinggasana layaknya seorang raja. Saat inilah, saat-saat paling menyenangkan, kenapa? Inilah saat-saat penganten sunat mendapatkan banyak amplop berisi uang. Haha…
Seperti acara pernikahan, acara sunatan juga terdapat hiburan. Keluarga biasanya “nanggep” hiburan. Gambang keromong, orkes tanjidor, dangdut, layar tancap, organ tunggal dan marawis. 

Ditulis Oleh : Jainudin Al Batawy // 11/28/2010 10:56:00 AM
Kategori:

2 komentar:

  1. ulasan yang menarik bang. terus berkarya...

    http://condet-betawi.blogspot.com

    BalasHapus
  2. selesai di sunat makan BROWNIEES
    Brownies enak
    Ingin menghadiahkan kenangan spesial untuk keluarga tercinta?? Pacar tersayang?? Sahabat terbaik ??
    Ingin membeli kue enak tapi harga terjangkau??
    Berikanlah kue brownis (brownies) coklat.
    brownies enak ini cocok untuk oleh-oleh, reuniang, pesta, kumpul-kumpul organisasi, atau sekedar camilan. bronis kami lezat, tanpa pengawet, tanpa pemanis dan tanpa pengembang. sehingga aman dikonsumsi setiap saat.
    tersedia 3 pilihan toping:
    chocochips, keju & kacang almond.
    discount menarik untuk pembelian dalam jumlah banyak atau untuk dijual lagi. harganya sangat terjangkau,
    Untuk pemesanan yang diantar minimum order 2 pcs
    Harga Rp38.000/pcs

    Coklat Brownies uk. 12x24cm
    Foto Produk disini:
    https://fbcdn-sphotos-h-a.akamaihd.net/hphotos-ak-ash4/c0.0.320.320/p403x403/408392_255546417911949_879032886_n.jpg

    Kami adalah supplier kue brownies. kami menerima reseller.
    order sms ke: 0838.7171.2018
    https://www.facebook.com/TokoCakeEnak

    BalasHapus

 

Site Info



Free Page Rank Tool

Komen Terbaru

Diberdayakan oleh Blogger.